Konsultasi Medis

PROGRAM PK-PLK
KONSULTASI MEDIS

 

Sistem Pendidikan Nasional merumuskan bahwa tujuan Pendidikan Nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta memiliki tanggungjawab kemasyarakatan dan kebangsaan.

Setiap anak mempunyai hak yang sama. Mereka berhak hidup, mendapatkan pendidikan, bermain, kasih sayang, menikmati indahnya alam, rasa aman dan nyaman serta kehidupan di masyarakat sosial. Adalah suatu kebanggaan bila mendapatkan anak yang cerdas, keatif dan imajinatif. Tetapi bagaimana kalau mendapatkan anak yang “berbeda” dengan anak yang lain, atau mendapatkan anaknya berkebutuhan khusus.  Tentunya perasaan bingung, sedih dan bahkan frustasi selalu hinggap di benaknya.

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah seorang anak yang dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya membutuhkan pendidikan dan layanan khusus. Diantaranya adalah anak Tunanetra, Tunarungu, Tunagrahita, Autisme, ADHD, Hyperaktif, lambat belajar  dan masih banyak lagi. Pendidikan dan Layanan khusus tersebut harus mempunyai sasaran yang tepat, baik dari segi siswa, pendidik, maupun program pembelajaranya. Dengan keberadaan pendidikan khusus diharapkan sebagian dari annak berkebutuhan khusus itu dapat terlayani.

Fakta dilapangan, khususnya di Kabupaten dan Kota Pasuruan, Pendidikan dan  Layanan Khusus untuk “mereka” belum sepenuhnya tercukupi, masih banyak ABK yang belum mendapatkan layanan khusus. 

 Faktor yang mempengaruhinyapun beragam, mulai dari kurangnya kesadaran dari orang tua akan keberadaan anaknya,   terbatasnya informasi tentang kebutuhan anaknya, minimnya fasilitas khusus bagi ABK, sampai dengan  kurangnya tempat terapi khusus bagi mereka.

Dengan kenyataan tersebut, sangatlah diperlukan sebuah wadah untuk memberikan layanan khusus bagi siswa yang membutuhkan. Diharapkan dengan adanya  lembaga tersebut, anak-anak yang belum terlayani akan mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya.

“ARYA SATYA HATI” Special Needs Education Pasuruan berusaha semaksimal mungkin memberikan secercah harapan dari Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan orang tua dengan memberikan layanan terapi khusus yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi siswa

Visi

Mengembangkan sisa kemampuan peserta didik dengan optimal agar menjadi insan yang terampil, mandiri, dan bertakwa


 Misi

  • Mengembangkan pengetahuan, sikap, dan psikomotor peserta didik melalui layanan terapi khusus.
  • Menanamkan konsep diri yang positif agar beradaptasi dan diterima dalam bersosialisasi di masyarakat
  • Sebagai partner orang tua ”khusus” dalam memberikan layanan terapi khusus
  • Memberikan layanan terapi yang sesuai dengan kebutuhan anak guna menumbuhkembangkan  potensi individu secara optimal

Konsep Pembelajaran

Setiap anak tentu memerlukan bimbingan dan arahan dari orang disekitarnya. Masa kanak-kanak adalah masa yang penting, sebagai pondasi untuk masa depanya, tidak berbeda pada Anak Berkebutuhan khusus. Sukses dalam terapi adalah kemampuan pergi dari suatu kegagalan tanpa kehilangan semangat.

  Siapa yang mengharapkan yang tidak perlu, akan kehilangan yang sangat perlu

“ARYA SATYA HATI” Special Needs Education Pasuruan dalam memberikan layanan menerapkan konsep pembelajaran komprehensif dan integratif. Perbedaan individu sebagai dasar pemberian treatment. Setiap anak mempunyai ciri khas dan type belajar tertentu sehingga program pembelajaranya juga berbeda.

 Sistem Pembelajaran

  1. Pemerikasan medis dari Dokter Spesialis tertentu untuk mengetahui adanya gangguan fisik, syaraf atau hal medis lainya
  2. Pemeriksaan psikologi dari psikolog/psikiater untuk diketahui faktor psikologi anak dan keluarga
  3. Identifikasi dan deteksi dini kemampuan awal segi kognitif,  afektif dan psikomotor serta hal-hal spesifik yang berkaitan dengan ciri khas pada anak
  4. Pemberian treatment/terapi dengan penanganan one on one berdasarkan hasil pemeriksaan medis, psikologis dan assesmen deteksi dini yang telah dilakukan.
  5. Evaluasi diperlukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan terapi siswa. Evaluasi dilakukan 3 bulan sekali.
  6. Penanganan Medis di lakukan setiap 3 bulan sekali dengan dr.Sasanti Yuniar SPkj.